Dampak Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Terhadap Pembiasaan Bahasa Indonesia Siswa di Lingkungan Sekolah SMPN 1 Sakra

Authors

  • Susilawati Universitas Hamzanwadi Author
  • Linda Riana Universitas Hamzanwadi Author
  • Muadatul Aini Universitas Hamzanwadi Author
  • Malikurrohman Universitas Hamzanwadi Author
  • Milfa Hikmatul Islami Universitas Hamzanwadi Author
  • Nurudin Syahidu Irawan Universitas Hamzanwadi Author
  • Zainul Yadi Universitas Hamzanwadi Author
  • Mohammad Rijalul Patoni Universitas Hamzanwadi Author

DOI:

https://doi.org/10.5281/41qdx433

Keywords:

keterampilan bahasa, bahasa indonesia, pembiasaan berbahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak peningkatan keterampilan berbahasa terhadap pembiasaan berbahasa Indonesia siswa di SMPN 1 Sakra. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 30 siswa sebagai responden. Data diperoleh melalui tes keterampilan berbahasa dan kuesioner pembiasaan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara keterampilan berbahasa dengan pembiasaan berbahasa Indonesia siswa, dengan nilai korelasi sebesar 0,73 (p < 0,05). Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan keterampilan berbahasa dalam membentuk kebiasaan berbahasa yang baik di lingkungan sekolah.

References

Ad, F. F., & Ummah, H. (2024). Menumbuhkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa di sekolah. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(4). https://doi.org/10.61166/demagogi.v2i4.58

Adi, F. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa, 24(3), 79-90.

Agustina, L. (2020). Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 89-104.

Alfianti, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMPN 1 Sakra. Jurnal Pendidikan Bahasa, 21(2), 102-117.

Andriani, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Pembelajaran Aktif di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 18(2), 23-37.

Anwar, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP: Pendekatan Praktis dan Efektif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Azmi, R. (2019). Pengaruh Pembiasaan Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari di Sekolah terhadap Keterampilan Berbahasa Siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(4), 66-80.

Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional bangsa Indonesia. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23-29. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/115

Fajar, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 115-128.

Hadi, M. S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Andi Publisher.

Hidayat, I. (2018). Keterampilan Berbahasa dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 30-44.

Kearney, S. P., & Schuck, S. (2006). The Role of Extra-Curricular Activities in Schooling: A Guide for Students and Parents. Australian Council for Educational Research.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, A. (2021). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 87-101.

Lestari, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Bahasa dan Sastra, 17(3), 49-59.

Murdiyati, S. (2020). Peranan bahasa indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 25-30.

Ningsih, T. (2021). Pembiasaan Berbahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 50-66.

Prasetyo, A. (2018). Dampak Penggunaan Bahasa Indonesia yang Tepat dalam Kehidupan Sehari-hari di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 21(2), 74-90.

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, N. F., & Muttaqin, K. (2022). Keterampilan Berbicara: Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar Elisa4https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Putrantijo, N., Repelita, T., Safari, R., Ummi, N. K., & Herdianto, I. (2024). Peran dan fungsi bahasa Indonesia dalam pengembangan keilmuan, kebudayaan, dan karya sastra. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3). https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31293

Putri, D. M. (2019). Pembiasaan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Lingkungan Sekolah SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3), 112-125.

Rahayu, S. (2021). Strategi Pembelajaran Berbicara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1), 48-62.

Ramadhan, H. (2020). Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 45-58.

Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Setiawan, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 55-70.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, A. (2020). Hubungan Keterampilan Berbahasa dengan Pembiasaan Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 123-135.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Widodo, S. (2021). Strategi Pembiasaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan, 10(1), 45-58.

Wijaya, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Keterampilan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(4), 35-48.

Wulandari, F. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 15(3), 89-101.

Yanti, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah: Evaluasi dan Perbaikan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 23(1), 102-116.

Yuliani, E. (2019). Pentingnya Pembiasaan Bahasa Indonesia dalam Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Kebudayaan Indonesia, 7(1), 55-67.

Zainuddin, M. (2020). Implementasi Literasi Bahasa di Sekolah Menengah: Studi Kasus di SMP Negeri. Jurnal Pendidikan dan Literasi Bahasa, 5(2), 67-78.

Downloads

Published

25.09.2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Dampak Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Terhadap Pembiasaan Bahasa Indonesia Siswa di Lingkungan Sekolah SMPN 1 Sakra (Susilawati, Linda Riana, Muadatul Aini, Malikurrohman, Milfa Hikmatul Islami, Nurudin Syahidu Irawan, Zainul Yadi, & Mohammad Rijalul Patoni , Trans.). (2024). Cigarskruie: Journal of Educational and Islamic Research, 2(1), 101-112. https://doi.org/10.5281/41qdx433