Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Mahasiswa melalui Pelatihan Manajemen Organisasi untuk Pengurus Organisasi Kemahasiswaan

Authors

  • Imam Athoir Rokhman STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Muhammad Syauqillah STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

Keywords:

kapasistas pemimpin, organisasi mahasiswa, pelatihan, integritas, adaptif, inovatif

Abstract

Peningkatan kualitas kepemimpinan pengurus organisasi mahasiswa menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Melalui program pelatihan dan pendampingan yang intensif, pengurus HMPS PAI STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang diberikan bekal keterampilan kepemimpinan yang relevan. Program ini dirancang dengan mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif, meliputi analisis kebutuhan, perencanaan yang matang, pelaksanaan yang interaktif, dan evaluasi yang berkelanjutan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kompetensi kepemimpinan peserta, baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan. Lebih lanjut, pelatihan ini juga berkontribusi dalam membentuk karakter pemimpin yang berintegritas, inovatif, dan mampu menghadapi tantangan organisasi.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Hartanto, F. S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai dengan Disiplin Kerja Sebagai Intervening (Studi Pada Pemerintahan Kota Batu). STIE Malangkucecwara.

Hayati, N., & Yulianto, E. (2021). Efektivitas pelatihan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Journal Civics and Social Studies, 5(1), 98–115.

Hazin, M., Rahmawati, N. W. D., Hakim, A., & Tanjung, A. S. (2023). Penguatan Mental dan Sosial Siswa Melalui Pendampingan Psikososial di Era New Normal. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(01), 78–89.

Hidayatulloh, M. F., Ihsan, A. L., Junaedi, A., & Rokhman, I. A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Muhadatsah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Santri di Pondok Pesantren al-Qur’an (PPQ) Nurul Huda Singosari Kabupaten Malang. Ngabekti: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 147–158.

Kirkpatrick, J. D., & Kirkpatrick, W. K. (2016). Kirkpatrick’s four levels of training evaluation. Association for Talent Development.

Muchlis, Z., Atsauri, I. S., & Sukron, A. (2024). The Leadership Perspective in Nurcholish Madjid’s Trilogy: Integrating Islamic and Indonesian Values. Peradaban Journal of Religion and Society, 3(2), 171–182.

Rokhman, I. A. (2024). TikTok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Al-Kalam di Jurusan Pendidikan Agama Islam STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Borneo Journal of Language and Education, 4(2), 335–342.

Setiawan, D. F., Noorzeha, F., Maliki, O., & Pradipta, G. D. (2023). Pengorganisasian Kelompok Peternak Ayam Kampung Kabupaten Kendal. Darma Sabha Cendekia, 5(2), 64–71.

Sitzmann, T., Brown, K. G., Casper, W. J., Ely, K., & Zimmerman, R. D. (2008). A review and meta-analysis of the nomological network of trainee reactions. Journal of Applied Psychology, 93(2), 280.

Syauqillah, M. (2021). Manajemen Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Kerang Hijau dalam Prespektif Maqosid Syariah. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 286. https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.816

Downloads

Published

19-05-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Mahasiswa melalui Pelatihan Manajemen Organisasi untuk Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Imam Athoir Rokhman & Muhammad Syauqillah, Trans.). (2024). Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 58-66. https://doi.org/10.65190/q554x670