Pelatihan Menulis Akademik untuk Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Islam Labuhan Batu

Authors

  • Amron Zarkasih Ritonga Universitas Islam Labuhan Batu
  • Siti Zubaidah Universitas Islam Labuhan Batu
  • Zulpahri Nainggolan Universitas Islam Labuhan Batu
  • Ayu Andini Universitas Islam Labuhan Batu
  • Ria Desy Nasution Universitas Islam Labuhan Batu
  • Wasri Aminah Universitas Islam Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.5281/g4t5am84

Keywords:

Pelatihan, Menulis, Akademik

Abstract

Pelatihan menulis akademik untuk mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Labuhan Batu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun artikel ilmiah dan tugas akhir. Kegiatan ini difokuskan pada pemahaman struktur tulisan akademik, teknik parafrase, penggunaan software cek plagiarisme, serta pengelolaan referensi menggunakan aplikasi seperti Mendeley dan Zotero. Metode yang diterapkan dalam pelatihan meliputi workshop, mentoring, dan diskusi interaktif. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas tulisan mahasiswa, baik dari segi struktur, orisinalitas, dan pengelolaan referensi. Tanggapan peserta sangat positif, dengan banyak dari mereka merasa lebih percaya diri dalam menyusun tugas akhir dan artikel ilmiah yang memenuhi standar akademik. Pelatihan ini juga berhasil memotivasi mahasiswa untuk menghindari plagiarisme dan memperbaiki kualitas penulisan akademik mereka secara keseluruhan.

References

Bailey, S. (2018). Academic writing: A handbook for international students (5th ed.). Routledge.

Cresswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fahmi, A. (2019). Pentingnya teknik parafrase dalam menghindari plagiarisme akademik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 123–132.Hidayat, R. (2021). Strategi pelatihan menulis akademik berbasis workshop: Studi kasus di perguruan tinggi. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 6(1), 45–57

Iskandar, A. (2021). Pengembangan keterampilan menulis akademik untuk mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 210–219.

Sari, N., & Kusuma, R. (2020). Penggunaan aplikasi Mendeley dalam pengelolaan referensi akademik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 78–85.

Sari, N., & Rahmawati, E. (2019). Efektivitas workshop menulis akademik dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 78–87.

Susanto, A. (2020). Pengaruh pelatihan berbasis kebutuhan terhadap keterampilan menulis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi, 5(3), 101–112.

Sutrisno, E. (2020). Implementasi model pelatihan menulis akademik berbasis mentoring. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 9(1), 98–107.

Swales, J. M., & Feak, C. B. (2012). Academic writing for graduate students: Essential tasks and skills. University of Michigan Press..

Downloads

Published

29.11.2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Menulis Akademik untuk Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Islam Labuhan Batu (Amron Zarkasih Ritonga, Siti Zubaidah, Zulpahri Nainggolan, Ayu Andini, Ria Desy Nasution, & Wasri Aminah , Trans.). (2024). Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 11-19. https://doi.org/10.5281/g4t5am84