Pengenalan Literasi Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Melalui Media Pertunjukan Wayang Bilingual

Authors

  • Winarti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Evi Murti Wardhani Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

english literacy, early childhood, puppet billingual media

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan pengabdian ini mencoba menarik minat anak usia dini dengan rentang usia 4 – 6 tahun dalam mendengarkan dan memahami dongeng atau cerita berbahasa Inggris dengan metode wayang golek bilingual. Metode ini dilakukan melalui kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (bilingual) dengan menggunakan boneka tangan. Penceritaan dilakukan dalam dua bahasa untuk membantu anak memahami kosa kata bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris bukan bahasa sehari-hari yang digunakan siswa TK Aisyiyah 03 Ngringo, maka kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat mendorong minat anak usia dini dalam mengenal literasi bahasa Inggris melalui kegiatan bercerita dengan metode wayang golek bilingual. Berbagai metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah (presentasi), storytelling, diskusi, dan tanya jawab dengan topik pengenalan literasi bahasa Inggris pada anak usia dini melalui media wayang golek bilingual. Hasil dari pelaksanaan PKM ini adalah siswa TK Aisyiyah 03 Ngringo mampu mengenal kosakata sederhana yaitu nama-nama binatang dalam bahasa Inggris. Siswa juga dapat mempelajari nilai-nilai moral tentang kerjasama dan tolong menolong melalui cerita wayang golek dalam dua bahasa yaitu Inggris dan Indonesia (bilingual).

References

Cendana, W., Syallomitha, D. S., Siahaan, H., & Fajrin, J. T. (2022). Peningkatan Literasi Melalui Puppet Show Terhadap Anak Usia Sekolah di Desa Cikande. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.1952

Farda, U. J. (2023). Implementing Paper Puppets as Media for Developing Vocabulary (The Case Study of Third Grades at Sdit Umar Bin Khatab Pekuwon Juwana, Pati in the Academic Year of 2022/2023) [Skripsi, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/10659/

Hasanah, Y. A. (2019). Implementasi strategi bermain peran dengan stik boneka untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berbicara bahasa inggris. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1).

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Malau, J., Sigiro, M., Pardede, H., Munthe, B., & Sinurat, B. (2022). Peningkatan literasi bahasa inggris ( story telling) di SDN Pamah melalui kampus mengajar angkatan 3. Buguh: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1218

Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), Article 1.

Permanamiarta, P. A. (2021). Pemerolehan bahasa kedua dalam lingkungan keluarga pada anak usia 3 tahun. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466680

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. (2021). Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.

Rachman, J. R. N., Kuswardono, S., & Zukhaira, Z. (2020). Pengaruh Lingkungan Bahasa Terhadap Kemampuan Berbicara Di Ma Al-Irsyad Tengaran. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/la.v9i2.42652

Rachman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.4035268

Rahim, A. R. (2023). Penguasaan kosakata bahasa indonesia pada mahasiswa piaud stai darul ulum kandangan dalam keterampilan berbicara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521

Riska, R. (2020). Pola Komunikasi dalam Penanaman Akhlak Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Arrahma Pacciro Kelurahan Takkalasi Kabupaten Barru. IAIN Parepare.

Santoso, A. P. A. (2023). Pencegahan Kenakalan Anak Melalui Dongeng. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(1), 13–15. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i2.235

Saswandi, T., & Ningsih, P. E. A. (2023). The Effect of Using Blended Learning Strategy Toward The Students’ Vocabulary Mastery at Tenth Grade of SMKN 2 Sungai Penuh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.7584861

Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (2021). Pembelajaran bahasa arab dengan memanfaatkan lingkungan berbahasa bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal education and development, 9(3), 170–176. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2807

Silviani, S., Setiawati, D. A., Ulfa, N., & Idrus, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Melalui Program English Day Di Kelurahan Pongo Kabupaten Wakatobi. INSANIYAH, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6863

Suwandari, K., Wahyuni, S., Rahma, R. A., & Ahmad, A. (2022). Transformasi Nilai-Nilai Tradisi Sayan Sebagai Upaya Mempertahankan Solidaritas Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.53233

Wakhyudi, Y., & Setyorini, R. (2021). Cerita Sebagai Media Penyampaian Pendidikan Karakter Islami: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.901

Wiratama, N. A., Agustin, I., & Fatimah, I. D. (2021). Pelatihan Penyuluhan Pola Hidup Bersih Sehat dan Vaksin di Masa Pandemi Covid 19 Desa Karanglo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), Article 3.

Downloads

Published

11-11-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengenalan Literasi Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Melalui Media Pertunjukan Wayang Bilingual (Winarti & Evi Murti Wardhani, Trans.). (2023). Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 28-34. https://doi.org/10.65190/639317