PENGENALAN LITERASI BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BILINGUAL PUPPET SHOW

Penulis

  • Winarti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Wardhani Universitas Duta Bangsa Surakarta

Kata Kunci:

english literacy, early childhood, puppet billingual media

Abstrak

Lingkungan bahasa adalah tempat dimana segala sesuatu yang dapat didengar serta dilihat oleh pembelajar yang berkaitan dengan bahasa target yang sedang dipelajari. Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, pembiasaan adalah suatu proses penting yang dibutuhkan untuk memberi dorongan anak usia dini dalam menangkap pesan maupun memahami hal baru. Pengenalan literasi Bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan dongeng bilingual yang menyenangkan dengan menggunakan alat peraga yang menarik (puppet show) dapat menjadi pengalaman baru bagi anak, khususnya dalam belajar Bahasa Inggris.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mencoba untuk menarik minat anak usia dini dengan rentang usia 4 – 6 tahun dalam mendengarkan dan memahami dongeng atau cerita dalam Bahasa Inggris dengan metode bilingual puppet show. Metode ini dilakukan melalui kegiatan mendongeng dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (bilingual) dengan menggunakan boneka tangan. Adapun penyampaian dongeng dilakukan dalam dua bahasa untuk membantu anak-anak dalam memahami kosakata dalam Bahasa Inggris. Karena Bahasa Inggris bukanlah bahasa sehari-hari yang digunakan oleh siswa TK Aisyiyah 03 Ngringo, maka kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat mendorong minat anak usia dini dalam mengenal literasi Bahasa Inggris melalui kegiatan mendongeng dengan metode bilingual puppet show. Ragam metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah (presentasi), dongeng, diskusi, dan tanya jawab tentang topik pengenalan literasi Bahasa Inggris pada anak usia dini melalui media bilingual puppet show.

Hasil dari pelaksanaan PKM ini yaitu siswa-siswa TK Aisyiyah 03 Ngringo mampu mengenal kosakata sederhana yaitu nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Siswa juga mampu memetik nilai moral tentang kerjasama dan tolong menolong melalui dongeng puppet show dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (bilingual).

Referensi

Cendana, W., Syallomitha, D. S., Siahaan, H., & Fajrin, J. T. (2022). Peningkatan Literasi Melalui Puppet Show Terhadap Anak Usia Sekolah di Desa Cikande. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.1952

Farda, U. J. (2023). Implementing Paper Puppets as Media for Developing Vocabulary (The Case Study of Third Grades at Sdit Umar Bin Khatab Pekuwon Juwana, Pati in the Academic Year of 2022/2023) [Skripsi, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/10659/

Hasanah, Y. A. (2019). Implementasi strategi bermain peran dengan stik boneka untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berbicara bahasa inggris. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1).

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Malau, J., Sigiro, M., Pardede, H., Munthe, B., & Sinurat, B. (2022). Peningkatan literasi bahasa inggris ( story telling) di SDN Pamah melalui kampus mengajar angkatan 3. Buguh: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1218

Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), Article 1.

Permanamiarta, P. A. (2021). Pemerolehan bahasa kedua dalam lingkungan keluarga pada anak usia 3 tahun. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466680

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. (2021). Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.

Rachman, J. R. N., Kuswardono, S., & Zukhaira, Z. (2020). Pengaruh Lingkungan Bahasa Terhadap Kemampuan Berbicara Di Ma Al-Irsyad Tengaran. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/la.v9i2.42652

Rachman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.4035268

Rahim, A. R. (2023). Penguasaan kosakata bahasa indonesia pada mahasiswa piaud stai darul ulum kandangan dalam keterampilan berbicara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521

Riska, R. (2020). Pola Komunikasi dalam Penanaman Akhlak Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Arrahma Pacciro Kelurahan Takkalasi Kabupaten Barru. IAIN Parepare.

Santoso, A. P. A. (2023). Pencegahan Kenakalan Anak Melalui Dongeng. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(1), 13–15. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i2.235

Saswandi, T., & Ningsih, P. E. A. (2023). The Effect of Using Blended Learning Strategy Toward The Students’ Vocabulary Mastery at Tenth Grade of SMKN 2 Sungai Penuh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.7584861

Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (2021). Pembelajaran bahasa arab dengan memanfaatkan lingkungan berbahasa bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal education and development, 9(3), 170–176. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2807

Silviani, S., Setiawati, D. A., Ulfa, N., & Idrus, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Melalui Program English Day Di Kelurahan Pongo Kabupaten Wakatobi. INSANIYAH, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6863

Suwandari, K., Wahyuni, S., Rahma, R. A., & Ahmad, A. (2022). Transformasi Nilai-Nilai Tradisi Sayan Sebagai Upaya Mempertahankan Solidaritas Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.53233

Wakhyudi, Y., & Setyorini, R. (2021). Cerita Sebagai Media Penyampaian Pendidikan Karakter Islami: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.901

Wiratama, N. A., Agustin, I., & Fatimah, I. D. (2021). Pelatihan Penyuluhan Pola Hidup Bersih Sehat dan Vaksin di Masa Pandemi Covid 19 Desa Karanglo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), Article 3.

Diterbitkan

2023-11-11

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGENALAN LITERASI BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BILINGUAL PUPPET SHOW (Winarti & Evi Murti Wardhani, Trans.). (2023). Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 28-34. https://doi.org/10.65190/639317