PENGENALAN LITERASI BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BILINGUAL PUPPET SHOW
Kata Kunci:
english literacy, early childhood, puppet billingual mediaAbstrak
Lingkungan bahasa adalah tempat dimana segala sesuatu yang dapat didengar serta dilihat oleh pembelajar yang berkaitan dengan bahasa target yang sedang dipelajari. Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, pembiasaan adalah suatu proses penting yang dibutuhkan untuk memberi dorongan anak usia dini dalam menangkap pesan maupun memahami hal baru. Pengenalan literasi Bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan dongeng bilingual yang menyenangkan dengan menggunakan alat peraga yang menarik (puppet show) dapat menjadi pengalaman baru bagi anak, khususnya dalam belajar Bahasa Inggris.
Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mencoba untuk menarik minat anak usia dini dengan rentang usia 4 – 6 tahun dalam mendengarkan dan memahami dongeng atau cerita dalam Bahasa Inggris dengan metode bilingual puppet show. Metode ini dilakukan melalui kegiatan mendongeng dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (bilingual) dengan menggunakan boneka tangan. Adapun penyampaian dongeng dilakukan dalam dua bahasa untuk membantu anak-anak dalam memahami kosakata dalam Bahasa Inggris. Karena Bahasa Inggris bukanlah bahasa sehari-hari yang digunakan oleh siswa TK Aisyiyah 03 Ngringo, maka kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat mendorong minat anak usia dini dalam mengenal literasi Bahasa Inggris melalui kegiatan mendongeng dengan metode bilingual puppet show. Ragam metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah (presentasi), dongeng, diskusi, dan tanya jawab tentang topik pengenalan literasi Bahasa Inggris pada anak usia dini melalui media bilingual puppet show.
Hasil dari pelaksanaan PKM ini yaitu siswa-siswa TK Aisyiyah 03 Ngringo mampu mengenal kosakata sederhana yaitu nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Siswa juga mampu memetik nilai moral tentang kerjasama dan tolong menolong melalui dongeng puppet show dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (bilingual).
Referensi
Cendana, W., Syallomitha, D. S., Siahaan, H., & Fajrin, J. T. (2022). Peningkatan Literasi Melalui Puppet Show Terhadap Anak Usia Sekolah di Desa Cikande. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.1952
Farda, U. J. (2023). Implementing Paper Puppets as Media for Developing Vocabulary (The Case Study of Third Grades at Sdit Umar Bin Khatab Pekuwon Juwana, Pati in the Academic Year of 2022/2023) [Skripsi, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/10659/
Hasanah, Y. A. (2019). Implementasi strategi bermain peran dengan stik boneka untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berbicara bahasa inggris. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1).
Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Malau, J., Sigiro, M., Pardede, H., Munthe, B., & Sinurat, B. (2022). Peningkatan literasi bahasa inggris ( story telling) di SDN Pamah melalui kampus mengajar angkatan 3. Buguh: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1218
Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), Article 1.
Permanamiarta, P. A. (2021). Pemerolehan bahasa kedua dalam lingkungan keluarga pada anak usia 3 tahun. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466680
Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. (2021). Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.
Rachman, J. R. N., Kuswardono, S., & Zukhaira, Z. (2020). Pengaruh Lingkungan Bahasa Terhadap Kemampuan Berbicara Di Ma Al-Irsyad Tengaran. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/la.v9i2.42652
Rachman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.4035268
Rahim, A. R. (2023). Penguasaan kosakata bahasa indonesia pada mahasiswa piaud stai darul ulum kandangan dalam keterampilan berbicara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521
Riska, R. (2020). Pola Komunikasi dalam Penanaman Akhlak Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Arrahma Pacciro Kelurahan Takkalasi Kabupaten Barru. IAIN Parepare.
Santoso, A. P. A. (2023). Pencegahan Kenakalan Anak Melalui Dongeng. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(1), 13–15. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i2.235
Saswandi, T., & Ningsih, P. E. A. (2023). The Effect of Using Blended Learning Strategy Toward The Students’ Vocabulary Mastery at Tenth Grade of SMKN 2 Sungai Penuh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.7584861
Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (2021). Pembelajaran bahasa arab dengan memanfaatkan lingkungan berbahasa bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal education and development, 9(3), 170–176. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2807
Silviani, S., Setiawati, D. A., Ulfa, N., & Idrus, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Melalui Program English Day Di Kelurahan Pongo Kabupaten Wakatobi. INSANIYAH, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6863
Suwandari, K., Wahyuni, S., Rahma, R. A., & Ahmad, A. (2022). Transformasi Nilai-Nilai Tradisi Sayan Sebagai Upaya Mempertahankan Solidaritas Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.53233
Wakhyudi, Y., & Setyorini, R. (2021). Cerita Sebagai Media Penyampaian Pendidikan Karakter Islami: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.901
Wiratama, N. A., Agustin, I., & Fatimah, I. D. (2021). Pelatihan Penyuluhan Pola Hidup Bersih Sehat dan Vaksin di Masa Pandemi Covid 19 Desa Karanglo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), Article 3.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Winarti, Wardhani, Jamilah, Nisa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by Saniya Institute is licensed under Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0
It means that:
- Adapted Material means material subject to Copyright and Similar Rights that is derived from or based upon the Licensed Material and in which the Licensed Material is translated, altered, arranged, transformed, or otherwise modified in a manner requiring permission under the Copyright and Similar Rights held by the Licensor. For purposes of this Public License, where the Licensed Material is a musical work, performance, or sound recording, Adapted Material is always produced where the Licensed Material is synched in timed relation with a moving image.
- Adapter's License means the license You apply to Your Copyright and Similar Rights in Your contributions to Adapted Material in accordance with the terms and conditions of this Public License.
- BY-SA Compatible License means a license listed at creativecommons.org/compatiblelicenses , approved by Creative Commons as essentially the equivalent of this Public License.
- Copyright and Similar Rights means copyright and/or similar rights closely related to copyright including, without limitation, performance, broadcast, sound recording, and Sui Generis Database Rights, without regard to how the rights are labeled or categorized. For purposes of this Public License, the rights specified in Section 2(b)(1)-(2) are not Copyright and Similar Rights.
- Effective Technological Measures means those measures that, in the absence of proper authority, may not be circumvented under laws fulfilling obligations under Article 11 of the WIPO Copyright Treaty adopted on December 20, 1996, and/or similar international agreements.
- Exceptions and Limitations means fair use, fair dealing, and/or any other exception or limitation to Copyright and Similar Rights that applies to Your use of the Licensed Material.
- License Elements means the license attributes listed in the name of a Creative Commons Public License. The License Elements of this Public License are Attribution and ShareAlike.
- Licensed Material means the artistic or literary work, database, or other material to which the Licensor applied this Public License.
- Licensed Rights means the rights granted to You subject to the terms and conditions of this Public License, which are limited to all Copyright and Similar Rights that apply to Your use of the Licensed Material and that the Licensor has authority to license.
- Licensor means the individual(s) or entity(ies) granting rights under this Public License.
- Sui Generis Database Rights means rights other than copyright resulting from Directive 96/9/EC of the European Parliament and of the Council of 11 March 1996 on the legal protection of databases, as amended and/or succeeded, as well as other essentially equivalent rights anywhere in the world.
- You means the individual or entity exercising the Licensed Rights under this Public License. Your has a corresponding meaning.










