Pelatihan Kepemimpinan Bagi Siswa Madrasah Aliyah As’ adiyah Kampiri Desa Pallawarukka Kec. Pammana Kab. Wajo

Authors

  • Muktamar Institut Lamaddukkelleng Sengkang
  • Muzakkir Institut Lamaddukkelleng Sengkang
  • Hartono Institut Lamaddukkelleng Sengkang

Keywords:

leadership workshop, leadership, community service

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada siswa Madrasah Aliyah As'adiyah Kampiri dalam mengembangkan kemampuannya sebagai calon pemimpin, pengurus, dan anggota masyarakat. Pelatihan ini difasilitasi oleh para narasumber yang mendorong para siswa yang menduduki jabatan administratif dan anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk berpartisipasi aktif dan mengembangkan keterampilannya melalui pelatihan dan pendampingan. Sesuai dengan rencana yang diusulkan, sesi pelatihan ini memungkinkan peserta untuk terlibat penuh dengan topik yang disampaikan oleh masing-masing fasilitator. Para peserta menunjukkan antusiasme dan kepuasan yang besar terhadap program pelatihan. Para peserta dilibatkan dalam studi tentang prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, taktik komunikasi, keterampilan pemecahan masalah para pemimpin, dan strategi kepemimpinan kolaboratif. Dalam program ini, peserta akan diajarkan prinsip dasar administrasi dan manajemen, serta keterampilan berbicara di depan umum.

References

Adair, John. (2003). “Cara Menumbuhkan Pemimpin”, Gramedia Pustaka Utama.

Ahmad Muktamar, B. (2022). Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora.

Ahwood, M. dan Dimmoel, S. (1999). Manajemen Personalia. ITB. Bandung.

Bambrough,J. (1998). Training Your Staff, Sterling Publishers, New Delhi.

Dolphina, E., Kalsum, E. U., & Malihah, L. (2023). Analisis Bibliometrik Kepemimpinan Inklusif dan Diversitas: Menilai Dampaknya pada Efektivitas Organisasi dan Inovasi. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 2(03), 272-282.

Faliza, N., Setiawan, R., & Agustina, W. (2024). The Effect of Leadership Effectiveness and Islamic Work Motivation on Organization Performance with Islamic Work Ethics as a Moderating Variable. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 409-425.

Hendiyat Soetopo. (1982). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara.

Kardini, N. L., Elshifa, A., Adiawaty, S., & Wijayanti, T. C. (2023). The Role of Quality Human Resources in Developing Missions of Future Universities in Indonesian Higher Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 49-59.

Muktamar, B. A (2019) Kepemimpinan KHM Yunus Martan dalam Mengembangkan Pesantren As’ adiyah (1961-1986). Disertasi. PPs Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Muktamar, B. A. (2021). Kepemimpinan Kharismatik Kyai dalam Manajemen Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5532-5541.

Muktamar, B. A. (2023). The role of ethical leadership in organizational culture. Jurnal Mantik, 7(1), 77-85.

Mulhamah, M. (2017) Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa MA Putra Al-Ishlahuddiny Di Lombok Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1(1), 34-45. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.11

Musdalipah, M., Lapude, R. B., & Muktamar, A. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Persfektif Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 164-179.

Nasution. (2000). Didaktik Azas-azas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkolis.(2003).”Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model, dan Aplikasi”. Grasindo

Ramadhani, M. A., Setiawan, Z., Fadhilah, N., Adisaputra, A. K., Sabarwan, D. N., Maranjaya, A. K., & Tawil, M. R. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

11-11-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Kepemimpinan Bagi Siswa Madrasah Aliyah As’ adiyah Kampiri Desa Pallawarukka Kec. Pammana Kab. Wajo (Ahmad Muktamar, Muzakkir, & Kori Hartono, Trans.). (2023). Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.65190/yqrjbq29