Pelatihan Metodelogi Penelitian untuk Mahasiswa Universitas Islam Labuhan Batu

Penulis

  • Annim Hasibuan Universitas Islam Labuhan Batu
  • Maimunah Ritonga Universitas Islam Labuhan Batu
  • Irhamna Mandili Lubis Universitas Islam Labuhan Batu
  • Hakim Prasasti Lubis Universitas Bangka Belitung
  • Amron Zarkasih Ritonga Universitas Islam Labuhan Batu

Kata Kunci:

metodologi, penelitian, pelatihan, pemantapan, kompetensi

Abstrak

Pelatihan metodologi penelitian dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa Universitas Islam Labuhan Batu dalam menyusun penelitian yang sistematis dan berkualitas. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi kendala mahasiswa dalam merumuskan masalah penelitian, memilih pendekatan metodologi yang sesuai, dan menyusun desain penelitian yang relevan. Pelatihan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu sosialisasi, pelatihan intensif, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi. Metode pelatihan mencakup pendekatan teori dan praktik yang berorientasi pada solusi permasalahan mitra, dengan fokus pada peningkatan kompetensi mahasiswa dalam penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menyusun desain penelitian yang terstruktur, valid, dan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan mampu merancang penelitian yang mencerminkan integrasi antara teori dan aplikasi praktis. Selain itu, kegiatan ini mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Indikator Kinerja Utama (IKU), khususnya dalam meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi riset yang baik. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis kebutuhan, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan bagi pengembangan kemampuan penelitian mahasiswa. Keberhasilan pelatihan ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi dan masyarakat dalam menghasilkan penelitian yang memberikan solusi konkret terhadap berbagai permasalahan.

Referensi

Bryman, A. (2016). Social research methods (5th ed.). Oxford University Press.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to design and evaluate research in education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Harahap, R. I., Lubis, N. R., & Putri, W. A. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 15(2), 134–140.

Lubis, R. A. (2020). Pentingnya desain penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), 45–53.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th ed.). Pearson.

Nugroho, H. S. (2021). Mixed methods dalam penelitian pendidikan: Pendekatan integratif untuk hasil yang komprehensif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8(3), 210–222.

Sari, R. P., & Setiawan, D. (2020). Eksplorasi fenomenologi pada guru dalam implementasi kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Pendidikan, 12(4), 312–320.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Diterbitkan

2024-11-29

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pelatihan Metodelogi Penelitian untuk Mahasiswa Universitas Islam Labuhan Batu (Annim Hasibuan, Maimunah Ritonga, Irhamna Mandili Lubis, Hakim Prasasti Lubis, & Amron Zarkasih Ritonga, Trans.). (2024). Asskruie: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.65190/717gf154