Implementation of Formative Assessment in the Learning Process of Islamic Religious Education

Authors

  • Mohammad Jafar Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Erniati Universitas Islam Negeri Datokarama Palu

Keywords:

Formative Assessment, Learning Process, Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian formatif dan memberikan umpan balik serta tindak lanjut dalam proses pembelajaran PAI di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian formatif dalam proses pembelajaran PAI terlaksana dengan baik, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan. Hambatan yang dirasakan antara lain faktor waktu, perbedaan karakteristik, dan kurangnya kompetensi siswa dalam beberapa aspek penilaian. Umpan balik yang diberikan bersifat verbal, baik secara individu maupun kelompok, yang mengandung unsur perhatian, pujian, klarifikasi, dan saran. Dari segi proses, umpan balik yang diberikan sudah cukup efektif karena terfokus pada tujuan, tepat waktu, spesifik, dan dilakukan secara profesional, namun belum sepenuhnya memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.

 

References

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di

Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930.

Azhari, P. M., & Utama, Z. M. (2024). Analisis Implementasi Kebijakan Penyetaraan Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Di Lingkungan Kemendikbudristek. Jurnal Ekonomi Manajemen

Sistem Informasi, 5(4), 423–433.

Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan

dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal

Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka

Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.

Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67.

Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka

Belajar Pada Siswa SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 25–36.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.

Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), Article 2.

https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Gaol, V. L., Ikbal, A., & Tampubolon, B. (2024). Peran Pembelajaran PPKn dalam Mempengaruhi Persepsi Siswa

terhadap Dinamika Pemilu 2024 di SMA Negeri 6 Palangka Raya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3317–3322.

Harahap, F. A., Zuraira, T., Ramadani, I., Apulina, S., Amirmusthofa, I., Aswaruddin, A., & Putra, T. J. (2024). Proses Manajemen Kinerja di SMP Swasta Muhammadiyah 02 Medan. Jurnal Publikasi Ilmu

Manajemen, 3(1), 97–107.

Imanudin, B. A. (2023). Penilaian Autentik terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Raudhah Proud To

Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), Article 2.

https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i2.310

Inayati, I., Arcana, I. N., Susetyo, A., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Materi Persamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear.

Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 72–82.

Khakleri, W. (2024). Kesiapan Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada SD Negeri di

Kabupaten Aceh Tengah. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 49–61.

Lubis, N. S., & Anriani, N. (2023). Implementasi Model Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles (CSE-UCLA) dalam Penilaian Kinerja Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 860–866.

Marzuki, M. (2023). ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2771–2780. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22252

Murwantini, S. (2023). OPTIMALISASI ASESMEN UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PADA KURIKULUM

MERDEKA. Steam Engineering, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37304/jptm.v4i2.8396

Ndruru, M. (2024). KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA.

KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 21–31.

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013

dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), Article 01.

https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi

Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam

Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), Article 1.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3535

Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang

Efektif. Journal on Education, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2687

Sholiha, R., & Rizal, M. S. (2023). Pelaksanaan dan Hambatan Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Menulis

Teks Laporan Hasil Observasi di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 192–209.

Syarnubi, S. (2023). Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(2), 468–486.

Wahyuni, T., Utomo, A. P. Y., Fitrianingrum, I., & Ambarwati, H. (2023). Implementasi Media Edulastic sebagai Instrumen Asesmen dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di SMP Negeri 2 Semarang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.235

Wijayanto, A. (2023). Membedah Keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.

Yuwana, S., & Indarti, T. (2023). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam

Pendidikan Dan Pembelajaran. UMMPress.

Downloads

Published

29-01-2024

Issue

Section

Articles